15+ Variasi Suara Burung Ciblek (Masteran dan Pikat)

Kalau didengar, suara burung ciblek memang lebih keras daripada jenis lainnya. Sudah banyak penggemar kicauan mengikutkannya ke arena lomba karena potensinya untuk menjadi juara begitu tinggi. Jadi, tidak heran bila semakin banyak orang mengembangbiakkannya.

Meskipun suara burung ini termasuk yang paling melengking dengan kerapatan pas, kalau tidak dilatih rasanya percuma saja. Melodi ciblek terdengar kurang teratur, bahkan bisa menyisihkannya dari deretan calon juara. Oleh karena itu pemilik wajib melatihnya secara rutin.

Download Suara Burung Ciblek Betina

Jenis Suara Ciblek BetinaLink
Mp3 Ciblek BetinaDownload
Suara Ciblek Betina PemikatDownload
Ciblek Betina GacorDownload

Download Juga : Suara Burung Ruak Ruak

Di arena perlombaan, kebanyakan orang mungkin lebih sering mendengar suara ciblek jantan karena terdengar lantang dan merdu. Namun, semua itu tidak akan diperoleh kalau kurang dipancing. Alat pemancingnya pun unik, serta banyak diterapkan para penikmat kicauan.

Mereka menggunakan ciblek betina sebagai pemikatnya. Karakter dari suara burung ini bisa di bilang kurang gacor kalau dibandingkan yang lain. Volumenya sendiri terdengar lebih kecil dengan nada lumayan monoton. Variasinya juga sederhana.

Meskipun begitu, para penikmat kicauan sering menjadikannya sebagai ciblek betina pemikat. Burung jantan akan mudah mengeluarkan variasi terbaik dari suaranya dengan volume bagus. Nadanya sendiri terdengar variatif dan sangat sempurna.

Download Suara Ciblek Kristal

Jenis Suara Ciblek KristalLink
Mp3 Ciblek KristalDownload
Ciblek Kristal Super GacorDownload
Ciblek Kristal GacorDownload
Suara Burung Ciblek KristalDownload
Ciblek Kristal Mp3Download

Lomba kicauan memang tidak pernah sepi peminat. Kalau Anda memang berniat mengikuti pertandingannya, cobalah untuk memasukkan suara burung ciblek kristal sebagai salah satu pacuan. Hewan satu ini terbilang lebih tangguh di kelasnya serta memiliki volume nyaring.

Ciri khas paling menonjol dari ciblek kristal ada pada bulu-bulunya. Bagian dada warnanya lebih putih serta memanjang hingga ke perut tanpa sentuhan semburat kuning. Adapun beberapa helai kehitaman di sekitar area leher yang sangat jelas. Tidak tersamarkan jadi abu-abu.

Suara dari burung ini terbilang lumayan khas. Volumenya lebih melengking serta variasi nadanya cukup banyak. Kalau didengarkan pun tidak membuat bosan. Cocok sekali jadi ciblek pikat untuk memacu pejantan lainnya agar mengeluarkan kicauan serupa.

Download Suara Burung Ciblek Gunung

Jenis Suara Ciblek GunungLink
Ciblek Gunung Ngebren PanjangDownload
Mp3 Ciblek GunungDownload
Masteran Ciblek GunungDownload
Suara Ciblek Gunung AsliDownload
Ciblek Gunung Mp3Download

Untuk pilihan suara melengking, mungkin ciblek kristal jantan bisa jadi salah satu pacuan ketika hendak didaftarkan lomba. Namun, kalau Anda mau menikmati suara kicauan dengan speed rapat, volume sedang, serta nadanya lumayan panjang, inilah yang jadi referensinya.

Ciblek gunung asli merupakan salah satu pilihan para penikmat kicauan karena memiliki kualitas suara unik. Kicauannya tidak terlalu memekakkan telingan meskipun didengarkan sangat lama. Nadanya sendiri variatif dengan speed terbilang rapat. Enak sekali dinikmati ketika pagi tiba.

Meskipun termasuk ciblek liar karena kebanyakan hidup di alam, bukan berarti hewan ini bisa diburu seenaknya. Banyak orang sudah mengembangbiakkan burung tersebut untuk keperluan lomba. Kalau memang ingin, Anda bisa membelinya dari peternak supaya lebih aman.

Download Suara Ciblek Sawah Mp3

Jenis Suara Ciblek Sawah / Prenjak SawahLink
Ciblek Sawah Gacor Mp3Download
Kicau Ciblek SawahDownload
Suara Ciblek Sawah JantanDownload

Bagi yang rumahnya di sekitar persawahan, mungkin mendengar ciblek sawah berkicau sudah kerap terdengar di telinga. Kicauannya cukup nyaring mirip suara burung cililin dan nadanya terdengar khas saat pagi menjelang. Saking kerasnya, kadang malah jadi alarm tersendiri.

Bisa dibilang, burung ini termasuk dalam kategori ciblek gacor karena terlalu sering bersuara. Meskipun begitu, kicauannya terdengar enak di telinga. Bahkan untuk membuatnya mengeluarkan suara tidak perlu latihan khusus asalkan lingkungannya nyaman.

Masih banyak orang terkecoh akan tampilan burung ini. Kalau tidak dilihat dengan teliti, kebanyakan mengiranya sebagai ciblek gunung. Ciri utamanya adalah bulu coklat berbintik putih. Bagian perut berwarna kuning pudar dengan dada abu-abu serta ekor panjang.

Mencarikan aduan untuk isian ciblek memang susah-susah gampang. Setidaknya kicauan dari pemikatnya itu memiliki volume lebih besar dan melakukan banyak variasi supaya mereka merasa tertantang setelah mendengarnya.

Contohnya saja dengan menghadirkan suara burung lovebird karena memiliki karakter demikian. Volumenya terbilang lebih nyaring dan sering melakukan variasi sendiri saat diadu bersama jenis lain. Sebagai seorang pemilik, Anda bisa menjadikannya salah satu masteran.

Selain punya kriteria di atas, Anda juga bisa mencarikan pikat burung ciblek lain dengan karakteristik suara berbeda. Hewan tersebut biasanya akan meniru bagaimana si lawan memainkan variasi-variasi kicauan sehingga hal ini bisa jadi ciri khas tersendiri ketika dilombakan.

Tips Merawat Burung Ciblek Agar Gacor

“Meskipun termasuk burung liar, jangan pernah remehkan suara ciblek ketika dilombakan”. Kalau tidak dilatih rasanya kurang pas bila dijadikan peserta lomba. Untuk itu, ada sedikit kiat-kiat khusus supaya semakin gacor saat diadu nantinya.

1. Beri Pakan Berkualitas

Pemberian gizi yang baik bagi burung ciblek tentu akan membuat kicauannya kian nyaring. Berikan pakan berkualitas seperti voer dan makanan alaminya (jangkrik, belalang, kroto) supaya makin gacor. Lakukan hal itu secara rutin diselingi minuman dan multivitamin.

Tambahkan juga susu bubuk bayi pada campuran makanan. Konon kalau diberikan secara teratur bisa membuat suara ciblek ngebren dengan lebih baik. Jadi, jangan hanya mengandalkan pelet maupun pakan alami saja.

2. Rutin Bersihkan Kandang

Kebersihan kandang menjadi faktor kenapa kicau burung ciblek bisa makin gacor. Meskipun termasuk hewan liar, Ia juga menyukai kebersihan. Jadi ketika dijadikan peliharaan, kondisi lingkungannya juga harus diperhatikan.

Sebisa mungkin bersihkan kandang dua minggu sekali atau setiap saat ketika wadah kotoran terlalu kotor. Kalau dibiarkan menumpuk, sudah pasti membawa penyakit bagi ciblek sehingga burung tersebut enggan berkicau lagi.

3. Rajin Dijemur

Penjemuran burung ciblek dilakukan agar mereka tidak demam setelah dimandikan. Jamur di badannya juga bisa hilang kalau dijemur. Sebisa mungkin jemurlah hewan tersebut pada jam 7-10 pagi dan lakukan secara rutin.

Kalau tidak bisa dilakukan di pagi hari, maka waktu yang tepat ketika pukul 4-5 sore karena sinar matahari tidak terlalu kuat serta suhunya rendah. Jemur burung tersebut paling tidak sekitar 1-2 jam saja sambil dilatih untuk terapi ciblek.

4. Latih Karakter Suara Ciblek dengan MP3

Mencari masteran yang cocok juga tidak bisa dianggap mudah. Bagi penikmat kicauan sejati, mereka pasti memperhatikan hal-hal kecil seperti:

  • Kualitas suara dan speed yang dihasilkan dari pemikatnya. Kalau terlalu sulit, Anda bisa mencoba download suara burung ciblek di Youtube atau situs lain.
  • Anda bisa mencari banyak variasi suara dari beragam jenis burung yang telah direkam oleh penikmat kicauan lainnya.
  • Masteran ciblek dengan cara seperti ini terbilang cukup ampuh bagi banyak orang. Selain menghemat uang, mereka juga mudah mengatur kapan peliharaannya harus latihan.
  • Kalau hendak memulai masteran ciblek seperti ini, paling ampuh bila dilakukan saat malam hari sekitar pukul 7 atau 8 malam karena suhu masih hangat.
  • Pemasteran juga dapat dimulai sehabis menjemur burung meskipun terkadang kurang efektif.

Menikmati suara burung ciblek memang jadi kepuasan tersendiri kalau mereka berhasil melakukan beragam variasi dan speed cepat ketika berkicau. Jadi sebagai pemilik, Anda harus rajin melatih pelihararaan agar semakin gacor dan ngebren ketika dilombakan.

Tinggalkan komentar